Friday, February 14, 2020

Aplikasi Pemantauan SNP Jenjang SMP/MTs

Salah satu tugas pengawas sekolah adalah melakukan pemantauan 8 standar nasional pendidikan pada sekolah binaannya. Untuk melakukan kegiatan tersebut pengawas menggunakan berbagai metode untuk mengetahui ketercapaian 8 SNP tersebut. Pengawas bisa menggunakan metode wawancara dengan beberapa responden, seperti siswa, guru, tenaga kependidikan, komite sekolah serta kepala sekolah. Pengawas juga bisa menggunakan metode studi dokumentasi, studi lapangan, dan metode lain yang bisa efektif untuk mengetahui kondisi SNP disekolah binaannya.
Tidak kalah penting adalah harus adanya instrumen untuk mengumpulkan data SNP tersebut. Selama ini pengawas sekolah masih menggunakan cara-cara konvensional. Pengawas menggunakan lembaran kertas, kemudian melakukan ceklis, setelah itu merekap, membuat grafik, dst.
Sekarang pengawas bisa memanfaatkan instrumen sederhana berbasis Excell yang bisa membantu mempercepat dalam penginputan yang akhirnya akan secara otomatis mendapatkan rekap serta grafik ketercapaian SNP yang digunakan nantinya pada sebuah laporan kepengawasan tentang pelaksanaan pemantauan 8 SNP disekolah binannya.
Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, silahkan klik gambar dibawah ini :

Aplikasi Pemantauan 8 SNP

Sekiranya bapak/ibu Pengawas Sekolah jenjang SMP/MTs, tertarik untuk menggunakan aplikasi tersebut, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini, dan tinggalkan nomer WA.
Aplikasi ini masih di setting dapat digunakan hanya oleh penulis saja. Bila ingin menggunakan maka akan diseting ulang, sekolah binaan, instansi, dan nama pengawas sekolahnya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment